Selasa, 22 Mei 2012

Pelaku Ekonomi Siklus RTP dan RTK

Pelaku ekonomi khususnya dua sektor dilakukan oleh Rumah Tangga Konsumen (RTP) dan Rumah Tangga Produsen (RTK). Hubungan antara RTP dan RTK ini sangat erat sekali karena saling membutuhkan satu sama lainnya.

Perhatikan gambar siklus disamping.
Arah anak panah menunjukkan hubungan timbal balik yang sangat erat.


Kata kunci membaca gambar Siklus tersebut adalah dengan melihat posisi keterangan Pasar Input dan Pasar OutPut.


PASAR INPUT memiliki dua garis anak panah yaitu nomor 1(satu) dan nomor 2(dua).
Nomor 1 menunjukkan Aliran FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI, yang mengalir sesuai anak panah yaitu dari RTK(pemilik faktor produksi) ke RTP. Faktor produksi tersebut meliputi : Tanah, Tenaga Kerja (SDM), Modal, dan Keahlian.
Nomor 2 menunjukkan Aliran BALAS JASA ATAS FAKTOR PRODUKSI, yang diberikan oleh RTP kepada RTK karena telah mengirimkan faktor produksi di nomor satu. Balas jasa itu berupa Rent/sewa, Wages/upah, Interes/bunga dan Profit/laba. Atau kesemuanya disingkat R+W+I+P yang apabila ditotal akan menghasilkan Rumus besaran Pendapatan Nasioanal dengan pendekatan Pendapatan.

PASAR OUTPUT memiliki dua anak panah yaitu nomor 3(tiga) dan nomor 4(empat).
Nomor 4 menunjukkan Aliran BARANG DAN JASA hasil produksi yang dikirim RTP kepada RTK
Nomor 3 menunjukkan Aliran UANG ATAS BARANG DAN JASA dari RTK untuk membayar barang dan jasa kepada RTP

Hubungan ini akan berjalan terus menerus. Majunya RTP akan membawa kesejahteraan & kemakmuran kepada RTK. Misalnya saja RTP menghasilkan barang & jasa yang semua untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa RTK, maka RTK akan terpenuhi kebutuhannya dan RTK juga akan memperoleh penghasilan dari faktor produksi yang dikirimkannya.

Sekian dulu. UNSI article

0 komentar: